Manggarai, Pusat kargo di Jakarta Selatan

Manggarai, Pusat ekspedisi Jakarta Selatan – Dimanakah pusat jasa pengiriman barang di daerah Jakarta selatan ? 

Tidak lain dan tidak bukan jawabannya adalah manggarai. Tepatnya di sekitar stasiun. Sesuai dengan letaknya yang strategis. Selain mendekati pusat kota, juga tidak jauh dari zona bisnis utama Jakarta, yaitu segitiga  Sudirman – Gatot Subroto dan Rasuna said. Pasar terbesar di Asia,  Tanah abang pun dekat, hanya beberapa kilometer kearah barat. Sementara itu di sebelah timurnya, ada pusat industri  Pulo Gadung.

Manggarai adalah nama kampung sekaligus stasiun kereta api. Awalnya,  jasa pengiriman barang darat hanya  menggunakan moda kereta api (Ekspedisi Muatan Kereta Api – EMKA). Seiring perkembangan teknologi, barulah dikenal ekspedisi lewat truk dan pesawat terbang.

Begitu pun nama manggarai. Perlahan tapi pasti, bermetamorfosa menjadi pusat pengiriman barang yang bukan hanya untuk kereta api. Melainkan pula lewat truk, pesawat dan bahkan kapal laut. Perkembangan ini terjadi secara alami, yang awalnya hanya ada beberapa ekspedisi, kini menjamur. Termasuk CSM Cargo, yang mengutamakan jasa ekspedisi cargo murah.

Sebagian besar perusahaan didaerah ini memanfaatkan  perumahan karyawan PTKAI (dulu : PJKA),  yang disewa dan digunakan sebagai kantor sekaligus gudang. Tidak heran apabila di daerah perumahan ini  banyak di parkir kendaraan besar. Baik itu sekelas CDD – truk coltdiesel enam ban,  maupun jenis fuso. 

Lokasinya memang sangat strategis, mudah dijangkau,  sehingga mempermudah pelanggan mengirimkan barangnya. Bahkan, pelanggan berdatangan dari daerah Bekasi, tangerang dan Bogor. Karena CSM Cargo dapat melayani pengiriman ke seluruh Indonesia, terutam pengiriman barang via darat laut. 

Semakin  hari perkembangan ekspedisi di Manggarai semakin  menggembirakan. Dengan bertambah banyaknya lalu lintas kendaraan bermuatan barang, tidak salah apabila  dikemudian hari Manggarai khusunya di perumahan PJKA akan berubah menjadi pergudangan berskala besar.

Semua hanya soal waktu.

-Totok-
twitter @baroto45

Comments

comments